Minggu, 26 Maret 2017

ROE Perusahaan-perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia

Sama halnya dengan ROA, rata-rata ROE dari perusahaan-perusahaan asuransi jiwa di Indonesia relatif masih rendah meskipun angkanya jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata ROA. Pada tahun 2015, rata-rata angka ROE industri asuransi jiwa nasional adalah sekitar 17,95%. Angka rasio ini diperoleh dari jumlah laba yang dihasilkan industri asuransi jiwa secara keseluruhan di tahun 2015 sebesar Rp. 13 triliun dibandingkan dengan total modal industri asuransi jiwa di tahun yang sama sebesar Rp. 72,57 triliun. 

Dari 47 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia (yang datanya berhasil kami kumpulkan), PT. Prudential Life Assurance memiliki angka ROE tertinggi, yaitu sekitar 64,7%.  Di posisi kedua ditempati oleh PT. AXA Mandiri Financial Services yang memiliki angka ROE sekitar 58,1%. PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) menempati posisi ketiga dengan angka ROE sekitar 31,3%.

Di sisi lain, terdapat cukup banyak perusahaan asuransi jiwa yang memiliki angka ROE negatif. Beberapa di antaranya yang memiliki ROE negatif yang relatif besar adalah PT. Zurich Topas Life, PT. FWD Life Indonesia dan PT. Astra Aviva Life. Lebih tentang angka ROE masing-masing perusahaan asuransi jiwa dalam periode tahun 2011 - 2015 dapat dilihat pada tabel berikut, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar